![]() |
| Gambar : https://pixabay.com |
Soal-soal di bawah ini dapat digunakan oleh guru sebagai referensi soal pembelajaran observasi dan anekdot pada pembelajaran Fase E Mapel bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka.
1. Apa yang dimaksud dengan observasi?
A. Menulis cerita singkat tentang kejadian
sehari-hari
B. Mengamati objek atau fenomena secara
langsung
C. Menyampaikan kritik melalui sindiran
D. Menyusun kesimpulan dari opini
E. Menggunakan humor untuk menyampaikan
pesan
2. Apa tujuan utama dari kegiatan
observasi dalam pembelajaran?
A. Mengumpulkan data untuk penelitian D.
Mengembangkan keterampilan berbicara
B. Membuat cerita humor E.
Membuat penilaian estetika
C. Menulis kritik sosial
3. Jenis observasi di mana pengamat ikut
serta dalam kegiatan disebut?
A. Observasi langsung D.
Observasi non-partisipatif
B. Observasi tidak langsung E.
Observasi kritis
C. Observasi partisipatif
4. Apa yang membedakan observasi
partisipatif dan non-partisipatif?
A. Partisipatif melibatkan pengamat secara
aktif
B. Non-partisipatif menggunakan media
C. Non-partisipatif melibatkan interaksi
langsung
D. Partisipatif mengamati fenomena tak kasat
mata
E. Keduanya tidak melibatkan pengamat
5. Apa fungsi instrumen observasi dalam
sebuah penelitian?
A. Sebagai alat untuk menilai hasil
observasi
B. Sebagai media untuk menyampaikan
kritik
C. Sebagai pengarah dalam kegiatan
observasi
D. Sebagai alat komunikasi antar tim
E. Sebagai alat bantu membuat kesimpulan
otomatis
6. Dalam observasi, apa yang harus
dilakukan pengamat setelah mengamati suatu fenomena?
A. Mencatat hasil observasi secara
objektif
B. Langsung membuat laporan
C. Menyusun cerita lucu dari hasil
pengamatan
D. Mengelola interaksi dengan objek yang
diamati
E. Menilai kebenaran dari fenomena yang
diamati
7. Observasi sangat penting untuk
dilakukan karena...
A. Membantu pengamat membuat cerita
pendek
B. Membantu mengembangkan kreativitas
siswa
C. Membantu guru mengembangkan modul
ajar
D. Membantu menganalisis kebutuhan
siswa
E. Membantu membuat anekdot yang lucu
8. Dalam dunia pendidikan, observasi
biasanya digunakan untuk...
A. Membuat kesimpulan langsung tentang
siswa D.
Menyusun modul berbasis kritik sosial
B. Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran
siswa E.
Menyusun karya sastra yang menarik
C. Mengarahkan perilaku siswa ke arah yang
negatif
9. Apa yang dimaksud dengan observasi
langsung?
A. Mengamati fenomena melalui laporan
tertulis
B. Mengamati objek atau fenomena secara
langsung di lapangan
C. Menganalisis data dari hasil
wawancara
D. Mengumpulkan informasi dari sumber
kedua
E. Menyusun laporan berdasarkan pengalaman
orang lain
10. Dalam observasi, data yang
dikumpulkan harus...
A. Subjektif D.
Berbasis opini
B. Objektif
E.
Berbasis cerita humor
C. Mengandung pendapat pribadi
11. Manakah dari berikut ini yang bukan
termasuk jenis observasi?
A. Observasi langsung D.
Observasi tidak langsung
B. Observasi partisipatif E.
Observasi non-partisipatif
C. Observasi subyektif
12. Observasi dilakukan di lapangan
agar...
A. Data yang didapat lebih akurat dan
kontekstual
B. Hasil observasi lebih cepat
diperoleh
C. Pengamat tidak memerlukan instrumen
observasi
D. Pengamat bisa langsung menyusun
cerita
E. Pengamat tidak perlu terlibat
langsung
13. Apa yang dimaksud dengan observasi
tidak langsung?
A. Mengamati tanpa interaksi langsung
dengan objek
B. Mengamati objek melalui media atau
laporan orang lain
C. Menyusun laporan berdasarkan pengalaman
pribadi
D. Mengumpulkan data melalui
eksperimen
E. Menganalisis hasil observasi dari
kelompok lain
14. Dalam observasi, pengamat harus
menghindari...
A. Menggunakan alat bantu seperti kamera
B. Mempengaruhi objek yang diamati
C. Mencatat hasil pengamatan secara
rinci
D. Melibatkan instrumen observasi
E. Menyusun laporan berdasarkan temuan
15. Salah satu langkah penting dalam
observasi adalah...
A. Mengabaikan data yang tidak relevan
B. Menetapkan tujuan observasi
C. Menyusun cerita dari hasil
observasi
D. Menilai perilaku berdasarkan opini
E. Menambah humor dalam laporan
16. Observasi digunakan dalam pendidikan
untuk...
A. Membuat cerita anekdot yang menarik
B. Menilai keterampilan sosial siswa
C. Mengembangkan keterampilan menulis
siswa
D. Meningkatkan kreativitas siswa
E. Mengkritik perilaku sosial siswa
17. Data hasil observasi harus...
A. Bersifat spekulatif
B. Didasarkan pada pengamatan langsung
C. Didasarkan pada kesan pribadi
D. Mengandung unsur humor
E. Mengandung opini pribadi
18. Apa yang dimaksud dengan observasi
partisipatif?
A. Pengamat ikut serta dalam aktivitas yang
diamati
B. Pengamat hanya mencatat tanpa
terlibat
C. Pengamat membuat laporan tanpa observasi
langsung
D. Pengamat menilai hasil observasi orang
lain
E. Pengamat tidak berinteraksi dengan
objek
19. Manakah yang merupakan kelebihan
observasi partisipatif?
A. Pengamat dapat merasakan langsung apa
yang terjadi
B. Pengamat tidak terlibat secara
emosional
C. Hasil lebih cepat diperoleh
D. Data yang diperoleh tidak dipengaruhi
subjektivitas
E. Pengamat bisa melakukan observasi dari
jarak jauh
20. Dalam pendidikan, observasi dapat
membantu siswa untuk...
A. Mengembangkan keterampilan menulis
humor
B. Meningkatkan kemampuan berpikir
kritis
C. Menyusun cerita anekdot yang
menghibur
D. Membuat penilaian subyektif terhadap
orang lain
E. Menjadi lebih kreatif dalam menulis
cerita pendek
21. Apa yang dimaksud dengan anekdot?
A. Cerita singkat yang menarik atau
lucu
B. Laporan observasi formal
C. Kritik yang ditulis dalam laporan
ilmiah
D. Cerita panjang yang mendetail
E. Observasi langsung terhadap
perilaku
22. Anekdot biasanya digunakan untuk...
A. Mengkritik sosial atau perilaku dengan cara
humoris
B. Menyusun laporan akademik
C. Mengamati perilaku orang lain
D. Menyusun data hasil penelitian
E. Mempresentasikan hasil observasi
lapangan
23. Salah satu ciri khas anekdot
adalah...
A. Panjang dan detail
B. Pendek dan menghibur
C. Mengandung data ilmiah
D. Mengandung banyak opini
E. Hanya digunakan untuk kepentingan
formal
24. Tujuan dari teks anekdot adalah...
A. Menceritakan fakta dengan cara
humoris
B. Mengkritik secara halus dengan cara
lucu
C. Menyampaikan informasi ilmiah
D. Melaporkan hasil pengamatan
E. Mengkritik secara langsung
25. Dalam teks anekdot,
"krisis" merujuk pada...
A. Latar belakang cerita D.
Kesimpulan cerita
B. Puncak masalah dalam cerita E.
Penutup cerita yang menghibur
C. Resolusi masalah
26. Bagian terakhir dari teks anekdot
adalah...
A. Orientasi D.
Koda
B. Abstraksi E. Reaksi
C. Krisis
27. Kritik sosial dalam anekdot
disampaikan melalui...
A. Data ilmiah D.
Laporan tertulis formal
B. Cerita lucu dan menarik E.
Laporan penelitian lapangan
C. Observasi langsung
28. Mengapa anekdot sering disertai
unsur humor?
A. Untuk membuat cerita lebih mudah
diterima D.
Untuk menyusun laporan formal
B. Untuk menyampaikan kritik secara
tajam E.
Untuk memberikan solusi langsung
C. Untuk mengurangi keseriusan cerita
29. Anekdot dapat membantu siswa
mengembangkan keterampilan...
A. Berpikir kritis D.
Mengamati perilaku orang lain
B. Menulis ilmiah E.
Berbicara di depan umum
C. Menyusun laporan observasi
30. Bagian "orientasi" dalam
anekdot berisi...
A. Penjelasan latar belakang cerita D. Pesan moral
cerita
B. Puncak masalah cerita E.
Tanggapan tokoh dalam cerita
C. Penutup cerita
31. Cerita dalam anekdot harus...
A. Panjang dan mendetail D.
Berbasis fakta ilmiah
B. Singkat dan fokus pada satu
kejadian E.
Berisi banyak dialog
C. Mengandung banyak informasi
32. Apa yang biasanya menjadi subjek
dalam cerita anekdot?
A. Penelitian ilmiah D.
Laporan ilmiah
B. Peristiwa sehari-hari yang menarik atau
lucu E.
Kritik langsung terhadap kebijakan
C. Observasi akademik
33. Apa fungsi dari unsur humor dalam
anekdot?
A. Menarik perhatian pembaca D.
Menambah data cerita
B. Mengurangi kualitas cerita E.
Membuat cerita lebih panjang
C. Meningkatkan objektivitas cerita
34. Apa yang dimaksud dengan
"koda" dalam teks anekdot?
A. Pembukaan cerita D.
Puncak masalah cerita
B. Pendahuluan E.
Penjelasan latar belakang cerita
C. Penutup atau kesimpulan cerita
35. Anekdot sering digunakan dalam
teks...
A. Ilmiah
D.
Jurnal ilmiah
B. Sastra humoris E.
Buku sejarah
C. Laporan akademik
36. Apa peran "abstraksi"
dalam teks anekdot?
A. Menarik perhatian pembaca di awal
cerita D.
Menyusun penutup cerita
B. Menjelaskan latar belakang cerita E.
Menjelaskan pesan moral
C. Menyampaikan puncak masalah
37. Anekdot merupakan salah satu cara
untuk...
A. Menghibur dan menyampaikan pesan
sosial D.
Mengamati perilaku sosial
B. Menyusun laporan penelitian E.
Mengkritik langsung dengan tajam
C. Mengajarkan ilmu pengetahuan
38. Anekdot sering kali ditulis untuk...
A. Membuat pembaca tertawa dan
berpikir D.
Menjelaskan penelitian lapangan
B. Menyampaikan data ilmiah E. Membuat
laporan formal
C. Mengkritik dengan sangat keras
39. Dalam pendidikan, anekdot digunakan
untuk...
A. Membantu siswa memahami kritik sosial
dengan cara yang ringan
B. Menilai hasil observasi
C. Menulis laporan penelitian
D. Mengembangkan keterampilan
berbicara
E. Menganalisis perilaku siswa
40. Bagian "krisis" dalam teks
anekdot biasanya terjadi di...
A. Awal cerita D.
Penutup cerita
B. Tengah cerita E.
Pendahuluan
C.
Akhir cerita

Tidak ada komentar:
Posting Komentar